OPTIONAL FIELDS

Apakah itu Optional Fields?

Optional Fields adalah salah satu aplikasi tambahan dalam Sage 300 ERP yang bisa ditambahkan kedalam transaksi manapun, dengan tujuan utama untuk menambah kolom informasi yang ingin ditampilkan dalam transaksi tersebut.
Misal, optional fields yang ditambahkan kedalam transaksi pengiriman barang (delivery order) ke pelanggan (customer) maka biasanya informasi yang ditambahkan mengenai ciri-ciri kendaraan pengangkut barang, misalkan seperti nomor plat kendaraan, nama supir kendaraan dan lain sebagainya.
Penambahan aplikasi optional fields dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
1.  Optional fields yang ditambahkan dalam kolom header, dan
2. Optional fields yang ditambahkan dalam kolom detail.

Bagaimana cara menambahkan optional fields header dan detail kedalam kedalam transaksi pengiriman barang (delivery order)?

1. Cara menambahkan optional fields header pada transaksi pengiriman barang.

A. Common Services à Optional Field
Masukkan Code Optional field yang menggambarkan informasi yang ingin ditambahkan, kemudian masukkan deskripsi optional fields tersebut.

B.Order Entry à O/E Setup à Optional Fields
Kolom ‘Optional Fields For’ à “Shipments” à masukkan optional fields dengan code ‘NOPLAT’ yang telah dibuat sebelumnya, dan pilihan Value Set, Required & Auto Insert buatlah ‘Yes’

C. Order Entry à O/E Transactions à Shipment Entry
Buka Shipment Entry Transaction, maka akan muncul tampilan dibawah ini, pada Tab Optional Fields Header akan muncul tambahan kolom yang telah dibuat sebelumnya.
Adapun tutorial dalam bentuk videonya dapat dilihat pada video berikut ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Perusahaan Pengguna Accpac di Indonesia

TUTORIAL Sage ERP Accpac (ERP 300)

FINANCIAL REPORT SAGE 300 / ACCPAC - SEDERHANA