TERANSAKSI BERULANG (RECURRING)

Salah satu tujuan menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah kemudahan atas semua pekerjaan yang kita lakukan, mendapat informasi setiap transaksi mudah didapat, menelusuri sebuah transaksi mudah di urutkan, mendapatkan laporan yang akurat dan uptodate sangat mendukung. Termasuk mempermudah dalam menginput teransaksi apapun kedalam sistem sehingga pekerjaan lebih cepat diseslesaikan.

Apalagi jika perusahaan telah memiliki banyak asset tentunya akan banyak lagi pekerjaan pencatatan yang harus dikerjakan. Untuk membantu hal ini digunakan sistem ERP yang mendukung kebutuhan. Termasuk salah satunya dalam Sage 300 ERP (Accpac) ada fasilitas Recurring Entry, atau teransaksi yang selalu berulang setiap kurun waktu tertentu, entah itu setiap seminggu, dua minggu, sebulan atau mungkin tiga bulan sekali atau bahkan setahun sekali.

Depresiasi contohnya, dalam memperlakukan transaksi ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup melelahkan terutama jika assets sudah banyak. Maka cukup disetting diawal kapan diakui asset tersebut diperoleh dan kapan kiranya assets tersebut akan habis.
Hal tersebut sangat memungkinkan untuk memberikan kemudahan, cukup disetting kapan jadwal terbentuknya transaksi dan hanya dengan menekan satu tombol proses maka semua jurnal transaksi depresiasi atas semua assets yang harus terdepresiasi akan terbentuk dengan sendirinya tanpa ada yang terlewatkan.
Untuk fasilitas ini, didalam sistem Sage 300 ERP hanya terdapat dalam modul General Ledger dan modul Account Payable. Adapun tutorial transaksi berulang (recurring entry) dalam modul General Ledger dapat dilihat pada video tutorial berikut ini.
Dan tentang recurring entry di modul Account Payable akan kita bahas pada kesempatan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Perusahaan Pengguna Accpac di Indonesia

TUTORIAL Sage ERP Accpac (ERP 300)

FINANCIAL REPORT SAGE 300 / ACCPAC - SEDERHANA